HUT Ke-18 Kota Bima, Babuju Mandiri Persembahkan Produk Beras Premium Organik

Iklan Semua Halaman

.

HUT Ke-18 Kota Bima, Babuju Mandiri Persembahkan Produk Beras Premium Organik

Jumat, 10 April 2020
Beras premium organik hasil produksi Babuju Mandiri.

Kota Bima, Jurnal NTB,-  Akibat penyebaran Wabah Pandemik yang bernama 'Covid-19', mengharuskan Negara untuk mengambil kebijakan cepat dalam rangka pemutusan mata rantai penyebarannya. Salah satunya adalah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). PSBB adalah upaya yang lebih tegas setelah 'Social Distancing' (Jaga Jarak) dan 'Physik Distancing' (Tidak Berkontak Fisik langsung).

Akibatnya, Upacara Perayaan HUT ke-18 Kota Bima yang seharusnya dilaksanakan hari ini 10 April 2020, dibatalkan. HUT Kota Bima kali ini dilaksanakan secara Hikmad dengan upaya Sosialisasi 'Social Distancing', pembagian masker gratis untuk warga Kota Bima dan sekaligus melakukan Sosialisasi Mandiri bagi warga Kota Bima yang baru tiba di Bima dari berbagai daerah yang terpapar atau orang menyebutnya sebagai daerah 'Zona Merah'. 

Semestinya juga, bertepatan pada HUT Kota Bima yang ke 18, rencananya Babuju Mandiri selepas acara upacara seremonial, akan mempersembahkan secara Simbolis Produk 'Beras Premium Organik' - Kota Bima kepada Walikota dan Wakil Walikota Bima dihadapan Peserta Upacara. 

Meski hal itu urung dilaksanakan secara resmi, akibat kondisi dan situasi wabah ini, Founder Babuju Mandiri, Julhaidin, mengatakan bahwa Beras Premium Organik yang dibranding dengan 'Fare Oma' ini tetap dilepas ke pasar. "Iya, Kami tetap akan melepaskan Beras Organik ini kepasar. Sudah banyak permintaan yang masuk untuk memesan produk perdana beras putih organik di Bima ini," ungkap Rangga dikediamannya, di Kelurahan Santi Kota Bima. 

Lebih lanjut, lelaki yang biasa disapa Rangga Babuju ini menyatakan bahwa Produksi Beras Premium Organik perdana ini hanya sebanyak 4,2 Ton. Sementara Profitasnya mencapai angka 3,6 Ton. 

"Kami tanam perdana dilahan seluas 1,2 Ha dikawasan Doro Toi - Mande III Kota Bima. Dan saat ini sedang kami kemas untuk dilempar ke pasar. Seluruh hasilnya akan kami Donasikan untuk kebutuhan instrumen penanganan Covid-19 di Kota Bima dan Kab Bima," tuturnya. 

Beras Premium organik dikemas oleh Babuju Mandiri dalam kemasan per 3 kg. Harga per kemasannya adalah Rp 50.000. Menurut Rangga, saat ini, para Petani binaannya sedang mengolah lahan untuk persiapan taman berikutnya. 

Tanaman padi itu organik semua, yang membuatnya tidak organik adalah lahan dan jenis pupuk yang digunakan. Petani Binaan di kawasan Doro Toi - Kota Bima saat ini sedang olah lahan untuk mengembalikan unsur hara tanah yang selama ini sudah diracuni oleh zat kimia Pestisida. 

"Awal Mei kita sudah mulai tanam lagi dengan perluasan lahan hingga 2 Ha," jelasnya.

Rangga mengaku, varietas yang digunakan adalah jenis Inpago (Inpari Gogo) dengan nama 'Gogo Unsoed 1'. Lama tanam 100-110 hari dengan ketinggian mencapai 118 cm. Sementara jumlah anakan rata-rata mencapai 54 batang dengan jumlah bulir 223 bulir/batang anakan. Kemudian Pola tanam menggunakan jajar legowo 212.

Jurnal-01